<body> HITAM PUTIH

Thursday, August 16, 2007

Panjat Pinang = HUT RI

Alhamdulillah Wasyukurillah….tak terasa sudah setahun lagi usia Tanah-Air ini bertambah, ya..!! seluruh rakyat di negeri ini merayakan lagi Hari ulang tahun tanah tumpah darahnya yang ke 62. Banyak sekali harapan-harapan yang ada dibenak setiap rakyat negeri ini akan terwujudnya Negeri yang Baldatun Toyibah, Negeri yang aman sentaosa Gemah Ripah Loh Jinawi negeri yang selalu dalam rahmat dan lindungan Allah SWT. Kiranya tidak berlebihan apabila kita sebagai rakyat memiliki mimpi dan harapan tersebut.

Dalam usianya yang ke 62 masih banyak PR pemimpin bangsa ini yang belum bisa dirasakan oleh rakyatnya. Walaupun kita sadari banyak faktor yang harus dilalui, Dan semuanya tidak mudah. Tetapi kita harus yakin bahwa dengan bermodalkan kesungguhan, ulet, dan mau bekerja keras insya Allah bangsa ini akan menjadi lebih baik. Kuncinya adalah perbaiki Moral, jujur, berdisiplin tinggi dan keimanan.

Hari Kemerdekaan negeri ini dari tahun ke tahun selalu identik dengan kebiasaan atau tradisi masyarakatnya yang mungkin hampir diseluruh pelosok tanah air pada setiap kali perayaan Kemerdekaan akan kita lihat berbagai bentuk kegiatan-kegiatan, sebagai wujud rasa syukur dan kegembiraan masyarakatnya akan kemerdekaan yang telah diperoleh dari pengorbanan berpuluh-puluh tahun yang lalu, dan salah satu tradisi itu adalah lomba Panjat Pinang. Sebenarnya kalo kita cermati dan renungkan perlombaan ini banyak sekali unsur arti Eling-Eling nya, kalo kita coba gambarkan panjat pinang adalah sebuah simbol bahwa perjuangan dan usaha yang terus menerus sehingga sampai pada puncaknya yaitu kemenangan dan kemakmuran. Dalam panjat pinang di gambarkan pula kebersamaan, kegotongroyongan, kepedulian, dan saling membantu satu dengan yang lain.

Hakekatnya Panjat Pinang adalah simbol tradisi yang sepatutnya kita jadikan pegangan. Panjat pinang jangan kita jadikan hanya sekedar permainan dan hiburan, lebih daripada itu permainan Panjat pinang agar dijadikan cermin dan bahan perenungan bahwa dahulu kala para pendiri bangsa ini dan pejuang kemerdekaan dengan susah payah menghantarkan kemenangan yang hakiki untuk rakyat dan negeri ini.

Semoga negeri ini diberikan limpahan Rahmat dan kemudahan oleh Allah SWT dalam mencapai tujuan untuk kemakmuran rakyatnya amin ya robbal alamin. SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA, DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA………

1 Comments:

Blogger Ozzan said...

Setuju pak Kyai..
tapi sayangnya 17an tahun ini.. Panjat Pinang mulai jarang diperlombakan :(

3:29 PM  

Post a Comment

<< Home